16.1.13

Demam dan Flu Pertama Anak

1 comments
Artikel ini direkap dari twitter penulis @farahanjanie

-------***-------

Gw mw cerita pas anak gw sakit ah. Mumpung air lagi mati, ga bisa ngapa2in.

Bbrp hari yang lalu, kayaknya salah gw juga, anak gw ajak marathon jalan kemana2 dalam beberapa hari berturut2. Panas2an, angin2an.

Di akhir marathon itu dia gw berenangin pake air (agak) dingin. Jadi ngedrop lah dia.

1. Hari 1. Tiba2 badannya anget. Awalnya bokap kira kecetit lehernya pas becanda sama dia.

2. Kalo kata orang tua, kalo kecetit/ kecengklak bagian yang kecengklak dingin. Tapi tubuh jadi anget. Zeph panas badannya merata. Jadi kecetit, coret.

3. Siang badannya makin anget. Gw pakein dia baju nyaman, celana pendek, tanpa kos kaki.

4. Semakin malam, suhu Zeph mencapai 38.8. Tahan2 supaya ga ngasih apa2, cuma pakein byebye fever di jidatnya biar dia agak nyaman *ga tau siy ngaruh apa nggak*

5. Hari 2. Paginya suhu turun tapi masih anget. Hidungnya meler.. Yak, dia flu. Siang suhunya kembali normal. Tapi bersin dan sedikit2 batuk. (Gw pikir) aman.

6. Ingus sama dahak produksinya mulai berlebih. Zeph susah napas, bahkan untuk nyusu aja dia kesusahan.

7. Ohiya, makannya si anak gimana? Jangan tanya. Selama sakit dia ga makan. Saluran ketutup lendir bikin dia susah nelen makanan dan akhirnya malah muntah

8. Tapi muntah ini ternyata pertanda bagus. Itu cara dia ngeluarin lendir yang nutupin saluran napas dan tenggorokan.

9. Cara lain lendir berlebihan ini keluar juga melalui pup. Pupnya agak cair, bukan diare, tapi lendir tubuh. Kan bayi belum bisa berdehem trus ngeluarin dahak sendiri ya.

10. Hari 3. Kalo kmrn meler terus. Sekarang batuk batuk yang mendominasi. Batuknya kenceng, kerasa banget kalo tenggorokannya gatel dan sakit.

11. Saking batuk terus2an, mukanya sampe merah setiap batuk dan dia teriak kesel sendiri. Duh, ga tega banget pas begini ngeliatnya.

12. Gw pikir, batuknya akan reda sore itu. Ternyata berlanjut sampe malam dan dia ga tidur semalaman. *sigh*

13. Rewel, kesel, ngantuk, capek mukanya si anak. Gimana ya, mau tidur tapi ditidurin dia ga bisa napas. Nyusu juga susah.

14. Akhirnya malem itu, sepanjang malem dia digendong. Dia tidur posisi duduk. Sambil terus batuk2 kencang. Ingusnya juga masih meler.

15. Hari 4. Pagi, bawa Zeph ke dokter. Bukan apa2, gw yakin ini anak cuma flu. Tapi batuk rejannya itu yang bikin kasian. Cuma mau tau apakah dia ada gejala lain selain flu.

16. Singkatnya, sama dokter dikasi 2 obat. Racikan puyer buat obat batuknya dan oral drop sebagai antibiotik.

17. Awalnya gw kira oral drop obat batuk anak. Dokter ga ngomong apa2 tentang infeksi bakteri, ko ngasi AB? Toh gw tebus jg, buat jaga2.

18. Masih di RS, badannya Zeph anget lagi. Mungkin karena dia malemnya ga tidur. Smntara kalo flu hrs cukup istirahat. Dia jd ngedrop lagi.

19. Seharusnya dia di inhalasi untuk ngeluarin dahaknya. Tapi gw ambil keputusan untuk pulang.

20. Pertama, karena dia butuh istirahat, sementara antri bagian fisioterapi itu panjang. Kedua, bisalah penguapan di rumah aja.

21. Pas sampe rumah, si anak tidur. Gw ga terlalu suka obat2an, lebih pilih selfhealing jadi gw google resep dari dokter.

22. Dari info yang gw dapet. Puyernya itu benar buat batuk. Diminum pas batuknya kenceng aja biar dinding tenggorokannya agak lunak dan batuknya ga terlalu sakit

23. Tapi kenapa musti racikan puyer siy, gw mikirnya. Oh well, gw ga minat ngasi anak gw obat ini kecuali batuknya parah banget

24. Obat ke 2, Renasistin. Dari cerita emak2 milis, AB ini emg hobi banget dikasi ke pasien kalo pasiennya batuk.

25. Memang ini adalah antibiotik untuk radang tenggorokan. Kalo radang biasanya jadi rawan kena bakteri. Tapi harus ada pemeriksaan lab ada atau nggak bakterinya.

26. Panas si anak naik turun. Menjelang tengah malam panasnya semakin tinggi. Gw udah niat kalo sampe ni anak panasnya ga turun besok paginya, that's it. Gw minumin obatnya (antibiotik)

27. Hari 5. Sebelum subuh, suhu badannya udah turun, tapi masih anget. Gw tunggu nih sampe jam 9 buat gw minumin AB.

28. Jam 7 an badannya udah adem. Gw udah mandiin dia lagi di bak seperti biasa, pake air hangat. Dan seharian itu suhunya stayed normal. Alhamdulillah.

29. Jadi Zeph sembuh tanpa obat. Common flu, self limiting disease, ga perlu obat apalagi AB (kecuali ada bukti infeksi lain).

30. Eh di hari ke 4 yang dia demam lagi, gw sempet minumin puyernya deng. Soalnya mlm batuk mulai heboh. Tapi dia muntahin #lalala #yeyeye

Jadi begitulah cerita first flu nya Zephiryu. Cemas? Pasti. Panik? Hmm.. Sambil terus pantau, siapin langkah A atau B buat si anak.

Yang perlu digarisbawahi adalah, kita perlu percaya bhwa kemampuan anak dan selfhealing nya itu luar biasa :)
 

La Terrasse Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos