1.10.12

Tips Menjadi Penjual Online Shop


Online shop atau yang sering disebut olshop kini makin marak, peminatnya pun semakin banyak. Selain karena akses yang mudah dan cepat, mata pembeli pun dimanja dengan tampilan berbagai barang tanpa harus repot keluar rumah. Berikut adalah tips kalau kamu mau jadi penjual olshop:

1. Respon cepat

Ini kualitas primer penjual olshop. Pembeli yang lihat barang kamu dan tertarik pasti akan tanya tentang barang yang menarik perhatiannya, karena itu respon yang cepat sangat dibutuhkan. Jangan biarkan calon pembeli menunggu respon kamu berjam-jam, apalagi berhari-hari. “Ini orang niat jualan nggak siy?”, pasti begitu pikir calon pembeli kamu. Akhirnya calon pembeli kamu keburu kehilangan mood belanja atau bahkan toko kamu nggak dilirik lagi.

2. Ramah

Ini kualitas kedua  yang harus dimiliki seorang penjual. Harus ramah dan jangan galak. Meskipun kamu lagi sakit gigi, ataupun lagi bete karena lagi marahan sama partner kamu, usahakan jawab seramah mungkin. Kelebihan dari berjualan online adalah orang nggak melihat langsung muka kamu. Jadi kamu nggak perlu capek-capek pasang muka manis walau lagi bete. Cukup bikin manis tulisan kamu saat pembeli bertanya tentang produk yang kamu jual.

Contoh korenspondensi antara pembeli dan penjual olshop:

Sis, ini barangnya ada?
Ada
Harganya berapa?
Rp xxx
Ooh... Tapi saya liat di toko sebelah kok lebih murah ya?
Bahan kita beda sis. Bahan yang kita puya kualitas nomor 1, dari Amrik..
Ah gimana bisa beda, kan barangnya sama. Sis bohong nih sama saya. Hayoo.. Sis bohong ya.. Saya nggak mau lho, kalo dibohongiin. Saya berasa sakit hati gitu.
Nggak sis, saya nggak bohong, ini bahannya memang beda. Kalo sis mau bisa saya kasih diskon nih. Free ongkir juga deh :)
       Diskon berapa?
               Kasih 10% deh
Cuma 10% ya, nggak bisa tambah?
               Kan udah free ongkir sis
Yaudah deh
              Jadi mw ambil berapa sis?
Ya ntar aja, kalo diskonnya udah 50%
              Ooh iya. Makasih udah mampir dan tanya-tanya :)

Gimana? Enak yah liat percakapan di atas.. Nah, itu salah satu contoh penjual yang baik. Ramah, nggak  galak dan sabaaaaaaar sekali. Kamu nggak tau aja kalo di sana dia bales pertanyaan kamu sambil ngasah parang. Yang penting percakapan berlangsung nyaman dan kesan ke pembeli tetap baik.

3. Jangan cuek

Masih berhubungan sama poin di atas. Kamu nggak bisa mengharapkan costumer yang setia kalo jawaban kamu pas ditanya cuma sekenanya seperti; “Order apa?”, “Oke”, “Hmm”, “Transfer ke sini”, dan “Siap kirim”. Coba agak diperpanjang kalimatnya, nggak harus basa basi, tapi perpanjangan kalimat bisa merubah kesan percakapan jadi lebih hangat dibanding cuma sepatah dua patah kata yang straight to the point dan terkesan cuek.

4. Update lapak

Ada baiknya kalo kamu sering update olshop kamu. Entah cuma update harga, foto produk baru ataupun kasih label bahwa barang tersebut sudah sold out. Cara ini juga memudahkan kamu saat ada pembeli yang ingin transaksi. Contoh: di web barang masih ada - pembeli minat – korespondensi - ternyata barang nggak ada. Kamu dapet pe-er lagi deh buat ngejelasin itu :p.

5. Pastikan semua media komunikasi aktif

Bayangkan kalau pembeli kamu ingin korespondensi atau transaksi di BBM. Dia tanya soal produk terbaru dari olshop kamu tapi BBM nya cuma tanda centang. Tanpa ada huruf D, apalagi R. Padahal kamu masukkan nomor pin BB kamu di web, FB ataupun twitter. Pasti pembeli kamu bertanya-tanya apa toko kamu masih aktif atau sudah kena gusur di dunia per-olshop-an. Kalau begini salah siapa kalo pembelinya  ilfil dan kabur?  

6. Post service/ maintenance

Last but not leastmaintain pembeli setelah dia beli barang kita. Tanya gimana kondisi barangnya, memuaskan atau nggak, sesuai  ekspektasi atau nggak. Mintalah masukan  atau kritik dari dia. Meskipun kritiknya sepedas kripik Mak Icih level 7, paling nggak ada sesuatu yang bisa dijadikan bahan perbaikan ke depannya. Dan jangan lupa bilang terima kasih karena sudah belanja di olshop kamu.


Gimana? Gampang ya jadi penjual olshop. Yang berminat buka olshop sekarang dan berniat mempraktekkan tips di atas, silahkan lho... Siapa tau berguna :)

0 comments:

Post a Comment

 

La Terrasse Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos