27.11.12

Kemana Mengajak Si Kecil Bermain?


"Play gives children a chance to practice what they are learning." -Fred Rogers


"Dunia anak adalah dunia bermain" bukan sekedar istilah. Saat anak mulai besar, kita dituntut untuk semakin kreatif dalam mengasuh dan menetapkan pola didik pada anak. Hal ini juga berlaku dalam hal mengajak bermain anak. Waktu saya kecil, tempat bermain favorit saya adalah halaman rumah. Ya, pekarangan rumah yang luas dan lapang memungkinkan saya untuk bermain sepuasnya dengan mengajak teman-teman saya. Mulai dari main sepeda, petak umpet, bentengan dan masak-masakan. Perang-perangan dan layangan (dulu teman saya kebanyakan anak laki ;p) semua di lakukan di halaman rumah. Kalau bosan ya tinggal keluar, ke lapangan dekat rumah naik sepeda. Sekarang, menemukan ruang terbuka agak sulit ya, saya suka kasihan kalau melihat anak yang main di pinggir jalan karena mereka nggak punya tempat bermain. Pikiran tentang bermain ini jadi merembet kemana-mana. Sebagai ibu baru, I want everything to be (almost) perfect, termasuk dalam hal mengajak anak bermain. Menjamurnya mall yang diklaim sebagai sarana rekreasi keluarga menurut saya kurang memberikan warna pada didikan anak. Konsumerisme, pengurangan kreatifitas  dan empati menjadi keprihatinan saya. Yah namanya juga ibu baru, masih idealis hehe.. Sambil bermain mereka belajar, ini yang akhirnya jadi alasan saya me-list beberapa tempat di sekitaran Jakarta untuk mengajak si kecil having fun.

1. Taman kota
Taman kota menjadi pilihan pertama untuk mengajak si kecil bermain. Gratis. Sebagai ruang terbuka hijau, nyaman dan sejuk, di sini si kecil bisa bebas berekspresi untuk melatih gerakan motoriknya seperti berlari dan melompat. Dia juga bisa belajar tentang lingkungan hidup dan fungsinya. Tentunya cara menerangkannya disesuaikan dengan bahasa anak. Kita bisa mengajaknya ke taman di pusat kota, seperti Taman Menteng, Situ Lembang, Taman Suropati, Taman Tomang.

2. Museum
Jangan tanya kenapa tempat ini penting, Menurut saya anak perlu dikenalkan sejarah. That's what makes us today. Tapi bukan cuma soal sejarah, di museum banyak berbagai macam koleksi yang bisa membuat si kecil tertarik, misalnya koleksi wayang di Museum Wayang, Jakarta Barat. Bisa juga ke Museum Nasional atau yang sering disebut Museum Gajah yang ada tepat kawasan monas, dan Museum Bahari di daerah Sunda Kelapa.

3. Taman Mini Indonesia Indah
Siapa yang  nggak kenal TMII? Tempat wajib kunjung anak SD ini menjadi tempat yang pas untuk anak bisa belajar kebudayaan Indonesia yang kaya. Bukan hanya anjungan daerah di Indonesia, di TMII juga ada sarana rekreasi keluarga, mainan anak-anak, museum, dan teater IMAX.

4. Kebun Binatang Ragunan
Kedengarannya klasik ya pergi ke kebun binatang, tapi di sini saya percaya anak-anak akan memperkaya pengetahuan mereka tentang satwa, tanaman dan habitatnya.

5. Ekowisata Kapuk
Ada apa di sini? Area konservasi mangrove, mengajak si kecil untuk lebih akrab dengan alam dan mencintai bumi.

6. Ancol
One stop recreation spot. Mau duduk di pantai, berenang di kolam mainan air, dicium anjing laut, lihat ikan dari akuarium raksasa, atau lihat boneka di istana boneka? Lengkap, semua bisa.

7. Setu Babakan
Di sini bukan cuma ada danau yang dijadikan pemnacingan oleh warga setempat, tapi juga merupakan kawasan pelestarian kebudayaan Betawi. Semua serba Betawi, dari arsitektur, makanan, sampai logat bahasa warganya. Kampung ini juga kerap mengadakan acara khas Betawi untuk pertunjukan, biasanya hari Sabtu atau Minggu siang.

8. Pusat kebudayaan negara asing
Menurut saya, penting mengenalkan kebudayaan asing kepada si kecil. Orang yang mengenal kenekaragaman memiliki empati yang lebih besar. Itu hipotesa saya haha! Kita bisa ajak si kecil ke Atamerica, Erasmus Huis atau Institute Francais Indonesia yang suka mengadakan acara-acara edukatif seputar kebudayaan asing.

9.Tempat pertunjukan seni
Pameran lukisan atau fotografi serta pertunjukan teater mungkin akan menjadi hal baru yang berkesan untuk si kecil. Datanglah ke Gedung Kesenian Jakarta di daerah Pasar Baru, Graha Bakti Budaya di kawasan Taman Ismail Marzuki, atau Galeri Nasional di daerah Gambir, tentunya dengan menyesuaikan dan mempertimbangkan tema pameran atau pertunjukan dengan usia anak.

10. Pasar
Ini yang terakhir tapi penting. Di sini anak dapat belajar tentang uang, jual beli dan tawar menawar. Dia dapat diajak ke pasar tradisional dekat rumah, Pasar Baru untuk pengalaman belanja dengan suasana pedestrian, ataupun berburu barang antik di Jl. Surabaya.

 

La Terrasse Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos